Hari Kedua  Pelatihan Pranatacara Kelurahan Pakuncen

Mungkin bagi kita yang tinggal di daerah sekitaran Jawa Tengah,DIY, dan Jawa Timur pasti tak asing dengan yang satu ini. Ya, benar, Pranatacara. Mungkin bagi yang belum tahu, Pranatacara adalah pembawa acara yang menggunakan Bahasa Jawa. Pranatacara ( Pranata adicara ) biasanya akan hadir di banyak event. Mulai dari hajatan, acara pemerintahan, lelayu, dll. Sehingga membuat Pranatacara begitu dibutuhkan masyarakat umum.

Dalam muatan lokal Bahasa Jawa. Pranatacara merupakan salah satu materi yang diajarkan di sekolah - sekolah. Biasanya akan diajarkan sejak jenjang SMP/MTs sederajat. Hal ini diharapkan mampu mengenalkan Pranatacara kepada generasi muda.

Pranatacara adalah bagian dari Budaya Jawa. Sehingga perlu dilestarikan, mengingat fungsinya di masyarakat. Anak muda perlu berperan aktif dalam melestarikan Pranatacara ini. Sehingga kelak tidak tergerus zaman. Pemerintah juga telah berusaha memperkenalkannya lewat Mulok ( Muatan lokal ) Bahasa Jawa. Sehingga diharapkan mampu mendukung upaya untuk melestarikan keahlian Pranatacara ini.

Dengan demikian Kelurahan Pakuncen ingin memaksimalkan potensi wilayah yang ada di Pakuncen terkait dengan budaya agar senantiasa dilestarikan dan dapat memunculkan Prantacara muda dan melatihnya sehingga jika ada lomba kebudayaan terkait Pranatacara bisa maju mewakili wilayah dan membanggakan wilayah di Kelurahan Pakuncen dan keluarga dari peserta yang maju lomba.