Senam Sehat bersama RW 6 Kelurahan Pakuncen

Senam merupakan salah satu jenis olahraga yang sangat digemari oleh khalayak umum, khususnya bagi para kaum wanita, karena senam merupakan jenis olahraga yang sangat ringan untuk dilakukan. Sebagian khalayak beranggapan karena mayoritas tidak memiliki waktu luang, sehingga memilih olahraga senam yang notabene nya mudah dan ringan untuk dilakukan kapanpun.
Senam sendiri sangat banyak memiliki manfaat bagi fisik kita khususnya kesehatan bagi kita, karena senam mampu mengembangkan komponen fisik tubuh dan meningkatkan kemampuan gerak tubuh. Sehingga khalayak umum yang menyukai dan mencintai senam akan merasakan perkembangan daya tahan tubuh yang maksimal. Dan akan berpengaruh kepada kelenturan, kekuatan, kelincahan serta keseimbangan tubuh.
Hal lain yang berpengaruh terhadap kesehatan tubuh selain manfaat diatas yang harus kita ketahui, yaitu: senam mampu meningkatkan daya fungsi jantung, menurunkan daya berat badan, meningkatkan daya fungsi kognitif, mengurangi stress dan mampu meningkatkan daya mood, tidak mudah terkena penyakit, mampu melancarkan peredaran darah, mampu meningkatkan daya stamina tubuh, dan mampu meningkatkan kelenturan dan kebugaran tubuh.
Beberapa orang atau khalayak ramai mempunyai alasan untuk tidak melakukan olahraga, karena tidak adanya waktu luang, dan tidak adanya teman dalam berolahraga. Walaupun kita sering mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi, tapi tidak dibarengi dengan olahraga, maka manfaat tidak akan didapatkan dengan maksimal. Oleh karena itu, dalam memaksimalkan manfaat makanan sehat tersebut, alangkah lebih baiknya kita barengi dengan melakukan olahraga yang dapat dibilang simple dan ringan ini.
Senam memiliki beberapa jenis, antara lain jenis-jenis senam yaitu:

  1. Senam Akrobatik
    Senam Akrobatik adalah salah satu jenis senam yang memiliki gerakan akrobatik. Seperti gerakan-gerakan salto dll. Sehingga senam ini harus mempunyai kekuatan otot, keseimbagan tubuh dan ketangkasan yang baik. Jenis senam ini biasanya ditemukan dalam seni bela diri.
  2. Senam artistic
    Senam artistic adalah salah satu jenis senam yang sangat popular dan sangat digemari khalayak ramai, sehingga sering diperlombakan dalam sebuah acara olimpiade olahraga. Khusus jenis olahraga artistic diperlukannya peralatan khusus dalam olimpiade tersebut.
  3. Senam Aerobik Sport
    Senam Aerobik Sport adalah salah satu jenis pengembangan dari jenis senam aerobic, yakni jenis senam dengan adanya tarian khusus yang dikolaborasikan dengan beberapa macam gerakan yang agak sulit untuk dilakukannya.
  4. Senam Umum
    Senam Umum adalah salah satu jenis senam yang lumrah dilaksanakan oleh khalayak ramai dimana gerakan senam umum ini lebih dan sangat mudah unruk diikuti dan dilakukan. Senam ini menggunakan music-musik tertentu atau pilihan dan gerakannya pula disesuaikan dengan irama-irama music yang digunakan.