Pelatihan Pembuatan Souvenir dari Minyak Jelantah

Salah satu sampah rumah tangga yang dapat memberikan dampak serius bagi lingkungan adalah minyak goreng bekas atau minyak jelantah. Limbah minyak jelantah berpotensi mencemari tanah dan air ketika tidak dikelola dengan benar.

Minyak jelantah merupakan limbah non- B-3 yang harus mendapatkan penanganan yang tepat agar tidak terjadinya kerusakan lingkungan bila dibuangan begitu saja dan juga saat ini adanya proses daur ulang jelantah menjadi minyak goreng curah yang kemudian dijual kepada para pengusaha makanan khususnya, dengan harga lebih murah dibanding minyak goreng segar atau baru. Padahal penggunaan minyak goreng hasil daur ulang maupun minyak jelantah ini sangat berbahaya bagi kesehatan.

Pada dasarnya limbah rumah tangga ini memiliki potensi ekonomi yang cukup besar jika dikelola dengan benar. Minyak jelantah bisa diproses menjadi sabun, bahan bakar biodiesel dan juga lilin.

Maka dari itu Kelurahan Pakuncen mengadakan Pelatihan Pembuatan Souvenir yang terbuat dari minyak jelantah dan ada bahan lainnya. Masyarakat di Kelurahan Pakuncen antusias untuk mengikuti kegiatan tersebut.

                                                                          Gambar 1.
Lurah ikut serta dalam Pelatihan Pembuatan Souvenir menggunakan minyak jelantah yang dicampur dengan pewarna

 

 

                                                                              Gambar 2.
             Pelatihan Pembuatan Souvenir Kelurahan Pakuncen sabun dan lilin dari minyak jelantah