Pelatihan Pemasaran Digital

PAKUNCEN – Kelurahan Pakuncen menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Pemasaran Digital yang bertujuan untuk mendigitalisasikan UMKM yang ada di wilayah terutama wilayah Kampung Tegalmulyo. Digitalisasi penting karena dapat meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan adaptabilitas untuk meningkatkan jumlah pelanggan atau menarik para konsumen.

Budhi selaku Lurah Pakuncen juga menjelaskan bahwa pentingnya digitalisasi dalam meningkatkan taraf ekonomi pedagang atau UMKM.

Dalam pemasaran digital tak luput juga harus menyiapkan beberapa hal termasuk konten. Konten adalah media komunikasi public yang dityayangkan secara digital melalui media online. Secara mendasar, bentuk konten terdiri dari tulisan, gambar, foto, video dan suara. 

Netizen atau pengguna internet pada umumnya memperoleh informasi dari konten yang ditayangkan. Informasi yang dimaksud adalah sebuah pesan atau kondisi tertentu yang disampaikan dengan tujuan memperoleh feedback atau umpan balik. 
Adapun penjelasan dari beberapa isi konten yaitu :
1. Konten Tulisan adalah media yang berisi sebagian besar atau dominan berupa teks tulisan, misalnya seperti flyer atau brosur atau pengumuman promo.
2.  Konten Gambar adalah media yang berisi sebagian besar atau dominan berupa grafik, misalnya Poster acara Honda Bikers Day atau acara konser musik yang akan diselenggarakan.
3. Konten Fotografi adalah media yang berisi sebagian besar atau dominan berupa foto seperti yang sering dijumpai yaitu pemasaran produk tumbler dengan logo, atau desain promosi foto bayi yang baru lahir dan informasi beasiswa.
4. Konten Video adalah video atau gambar bergerak yang dibuat dengan atau tanpa teknik khusus dan diunggaj ke media internet, contohnya short video di channel Youtube atau membuat video klip atau trailer sebuah film. 

Novi menyampaikan bahwa tips dan trik dari konten ada 2 hal yaitu komitmen pada tujuan kita melalui informasi dan konsisten terhadap gaya media dan aktivitas online.